Apa Saja Penyebab Kemandulan?

Apa Saja Penyebab Kemandulan?

loading...
Apa Saja Penyebab Kemandulan? | Ada banyak pasangan yang mendambakan memiliki momongan segera setelah melangsungkan pernikahan. Bagi mereka kehamilan merupakan sebuah keberuntungan yang begitu istimewa dan begitu ditunggu – tunggu. Namun sayangnya ada banyak pasangan yang kurang beruntung sehingga, susah mendapatkan kehamilan. Hal ini tentu akan menimbulkan pertanyaan kenapa kehamilan tidak segera terjadi. Ada banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi kehamilan seseorang dimana salah satunya adalah  dikarenakan faktor mandul.
Apa Saja Penyebab Kemandulan?
Kemandulan atau yang disebut infertilit dalam bahasa kedokteran ini ditujukan bagi para pasangan yang gagal hamil dan telah menunggu kehamilan tersebut dalam kurun waktu yang tidak bisa dibilang sebentar. Kemandulan sendiri bukan hanya dapat terjadi pada wanita namun juga dapat terjadi pada seorang pria.

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kehamilan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kehamilan mulai dari :
·            Perempuan dapat menghasilkan sel telur – Sel telur berasal dari ovarium atau yang disebut pula dengan indung telur. Hal ini terjadi pada wanita memiliki hormoin seimbang dan kondisi yang sehat. Salah satu tanda ketidakseimbangan hormon adalah menstruasi yang tidak teratur.
·            Sel telur harus bergerak melalui saluran tuba menuju rahim – Pergerakan sel telur ini dibantu oleh ineral kalsium opada tubuh. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan seorang perempuan kesulitan saat mengalami proses ini. Salah satu tanda tubuh kekurangan kalsium adalah ketika haid terasa sakit yang bahkan disertai kram serta nyeri punggung.
·            Sperma dari pria – Adanya sperma yang membuahi sel telur merupakan faktor penting dalam kehamilan. Sperma dapat berjalan menggunakan ekornya dengan bantuan ion kalsium. Ketika ujung sperma kekurangan kalsium, maka sperma tidak akan menembus sel ovum.
·            Faktor kesehatan rahim – Ketika pembuahan telah terjadi maka telur akan menempel pada dinding rahim. Kesegaran dinding rahim tentu menjadi salah satu faktor penentu dalam kehamilan itu sendiri.

Berbagai penyebab kemandulan yang banyak ditemui, menjadi salah satu gagalnya proses terjadinya kehamilan. Berikut ini diantaranya :

KEMANDULAN PADA WANITA
Ada beberapa faktor yang dapat membuat seorang wanita mandul mulai dari gaya hidup yang tidak sehat dan pengaruh dari penyakit:

1.        Pengaruh Umur
Umur merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat kesuburan seseorang. Hingga sekarang ada banyak sekali perempuan yang menunda kehamilan mereka hingga umur 30 tahun. Namun ternyata kelompok usia ini hanya sekitar 20 persen saja yang berhasil hamil. Umur seorang wanita ternyata mampu menjadi penentu berhasil tidaknya kehamilan karena :
·            semakin tua umur seseorang, maka terjadi penurunan kualitas sel telur
·            pelepasan sel telur oleh indung telur juga akan menurun bersamaan dengan bertambahnya usia seseorang
·            ada beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai pada wanita berumur yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang.
·            bahkan pada perempuan yang telah berumur, tingkat keguguran lebih tinggi

2.        Mioma Urteri
Penyebab mioma urteri hingga kini masih belum jelas dan diduga sebagai penyakit karena multifaktorial. Ada banyak hormon yang mempengaruhi tumbuhnya mioma urteri seperti progesteron estrogen serta adanya predisposisi genetik. Hingga kini telah tercatat sebanyak 27 – 40 persen wanita mengalami infertilitas dengan adanya mioma urteri ini. Kejadian mioma urteri ini banyak terjadi pada wanita 35 hingga 50 tahun dan bagi mereka yang telah menopause belum pernah ditemukan dan sangat jarang ditemukan pada wanita berusia 20 tahun ke bawah.

3.        Stres
Faktor stres juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kemandulan. Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga perlu dihindari. Stres yang tinggi dapat menyebabkan terganggunya sistem reprosuksi pada wanita. Hindari stres dengan cara menyibukkan diri dengan kegiatan yang menyenangkan serta jauhkan diri dari faktor penyebab stres tersebut. Stres ini juga menjadi aktivitas berbahaya untuk ibu hamil

4.        Merokok
Kebiasaan merokok  dapat merugikan pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Berhenti merokok merupakan hal yang dianjurkan untuk dapat meningkatkan peluang anda untuk segera mendapatkan kehamilan. Berikut ini sejumlah dampak negatif merokok pada wanita:
·            Penurunan tingkat kesuburan pada perempuan hingga 60 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok
·            Terjadi menopause dini yang terjadi hingga 4 tahun lebih awal dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok
·            Kandungan rokok yang tidak sehat seperti nikotin menganggu tingkat ovulasi, tingkat kesuburan dan proses pematangan telur
·            Wanita perokok memiliki tingkat resiko terjangkitnya kanker serviks lebih tinggi. Hal ini memungkinkan terjadinya pengangkatan rahim atau mungkin pengangkatan sel telur yang dapat membuat seorang perempuan mandul selamanya
·            Terdapat bahan kimia dari rokok yang dapat membunuh sperma akibat pengubahan lendir serviks
·            Meningkatkan tingkat keguguran serta kehamilan kehamilan ektopik

Kandungan nikotin di dalam rokok memiliki sifat adiktif sehingga membuat kecanduan bagi para penggunanya. Nikotin berpengaruh buruk pada organ lain seperi jantung, hormon, sistem pencernaan, metabolisme juga pembuluh darah. Bahaya merokok saat hamil atau menyusui, nikotin dapat berpengaruh pada ASI serta leher rahim seorang wanita perokok.

5.        Mengkonsumsi Alkohol
Sama seperti rokok, alkohol juga membawa dampak buruk bagi wanita. Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan terjadinya menopause dini serta mengganggu sistem reproduksi. Selain it, bahaya alkohol saat hamil juga menyebabkan kelainan janin, penyakit pankreas kekurangan gizi hingga penyakit jantung dan lain – lain. Selain itu bagi wanita yang gemar mengonsumsi alkohol juga beresiko meningkatnya kanker payudara serta penyakit kardiovaskular.

6.        Tertutupnya Saluran Tuba Akibat Infeksi
Tertutupnya tuba falopi secara umum disebabkan oleh salphingitis yang dapat menghambat terjadinya kehamilan. Kejadian ini dapat menyebabkan kehamilan di luar kandungan. Ketika tuba falopi rusak hingga terjadi pembentukan jaringan parut atau menyebabkan gangguan dari pergerakan sel telur, maka pembuahan akan terhambat.

7.        Kelainan Pada Hormon Reproduksi
Kemandulan juga dapat terjadi akibat kelainan pada hormon reproduksi. Hal ini dapat terjadi ketika lutein dan perangsang folikel menghalangi proses pelepasan ovarium pada sel telur. Selain itu, tidak normalnya kelenjar hipotalamus serta kelainan pada kelenjar tiroid juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kemandulan. Kekurangan atau bahkan kelebihan hormon dari kalenjar dari tiroid dapat menjadi penyebab haid tidak teratur dan tidak stabil.

8.        Terlalu Gemuk Atau Bahkan Terlalu Kurus
Obesitas dapat memicu datangnya beragam jenis penyakit mulai dari diabetes, jantung koroner, hipertensi hingga kanker. Selain itu obesitas ternyata juga dapat memicu kemandulan karena mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Menurut seorang ahli, dia mengungkapkan jika obesitas pada perempuan dapat mengganggu keseimbangan hormon endrogen, progesteron serta hormon estrogen. Obesitas dapat membuat kerja hormon menjadi tidak efektif.

Tidak hanya itu, obesitas juga dapat membuat ovarium pada wanita tertutup oleh lemak. Hal ini bukan hanya membuat seorang wanita sulit hamil namun, juga menjadi penyebab keguguran. Tidak hanya bagi perempuan, namun bagi laki – laki dengan obesitas juga mampu membuat produksi sperma menjadi tidak normal serta terjadinya disfungsi ereksi. Bagi pasangan yang ingin segera memiliki anak, namun terhalang akan masalah obesitas ini, sebaiknya melakukan diet sehat melalui pola makan yang baik.

Bukan hanya yang bermasalah dengan berat badan berlebihan, namun bagi mereka yang memiliki badan terlalu kurus juga menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi proses kehamilan. Wanita yang memiliki badan terlalu kurus dapat menyebabkan terganggunya fungsi reproduksi.

9.        Penyakit Seksual
Ada beberapa jenis penyakit seksual yang dapat menyebabkan kemandulan seperti klamidia dan gonore. Jenis penyakit ini umumnya menimbulkan gejala setelah terjadi peradangan salpingitis atau peradangan pada daerah panggul. Peradangan membuat tingkat kesuburan menurun akibat terjadinya pembentukan jaringan parut pada tuba falopi. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat menular dimana salah satunya adalah dengan cara berhubungan badan. Hal ini tentu harus disikapi dengan baik dengan cara tidak bergonta-ganti pasangan karena bisa jadi pasangan anda mengidap penyakit tertentu yang dapat menular.

10.   Adanya Tumor Atau Kanker Serviks
Terdapatnya tumor pada dinding rahim dapat menyebabkan infertilitas. Tumor dengan ukran besar dapat mempengaruhi bentuk uterus pada wanita. Salah satu jenis tumor yang menganggu proses kehamilan adalah tumor pituitari. Tumor ini mampu membuat siklus menstruasi terhenti dan menurunnya produksi sperma pada laki – laki.

11.   Tumor Rahim
Tumor rahim banyak dijumpai pada wanita yang telah berusia 30 hinga 40 tahunan. Tumor ini dapat menyebabkan terjadinya kemandulan karena membuat perlekatan telur yang sebelumnya telah dibuahi pada dinding rahim serta menghalangi tuba falopi.

12.   Menopause Dini
Menopause dini merupakan sebuah kondisi ketika penipisan folukerl ovarium berhenti dan terjadinya haid lebih awal sebelum seseorang menginjak usia 40 tahun. Penyebab menoupase dini ini belum diketahui secara pasti namun ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi terjadinya menopause dini seperti radiasi, kebiasaan merokok, penyakit yang merusak sistem imun dan kemoterapi.

13.   Faktor Lingkungan
Ada beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi hormon pada tubuh seperti tercemarnya lingkungan karena pestisida limbah industri dan beragam jenis polusi yang lain.

Kemandulan yang terjadi pada wanita, dapat mencakup banyak masalah seperti ketidakmampuan ovulasi, ovulasi ireguler, pertumbuhan folikel dan lain – lain. Terjadinya fertilitas yang optimal pada seorang wanita berada pada usia berkisar antara 30an yang akan semakin menurun kedepannya. Selain itu tertutupnya tuba falopi, kelainan uterus yang menghambat implantasi serta gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kemandulan.

Namun walau begitu, penyebab belum mendapatkan kehamilan setelah menikah, jangan buru – buru dikatakan mandul karena bisa jadi disebabkan faktor lain yang lebih ringan seperti halnya stres, terlalu sibuk, atau mungkin waktu berhubungan yang tidak tepat (kondisi tidak subur) dan lain – lain.

KEMANDULAN PADA PRIA
Bukan hanya wanita saja yang dapat mengalami kemandulan, namun pria juga dapat mengalaminya. Penyebab kemandulan pada pria bisa terjadi karena faktor-faktor berikut ini :

1.        Kualitas Sperma Yang Buruk
Faktor sperma merupakan salah satu faktor penentu terjadinya proses kehamilan. Kualitas sperma sendiri dapat menjadi penentu terjadinya pembuahan tersebut. Bentuk dan gerakan sperma yang tidak sempurna atau tidak normal, tidak akan mencapai sel telur. Penggunaan celana yang ketat, kebiasaan mengonsumsi alkohol serta merokok, terlalu sering ejakulasi serta kelelahan menjadi beberapa hal yang dapat menentukan kualitas sperma seseorang. Ukuran sperma yang normal atau sehat adalah 20 juta sperma/ml semen.

2.        Gangguan Hormonal
Terganggunya hormon tertosteron dapat menghambat produksi sperma. Testis tidak dapat bekerja secara sempurna dalam memproduksi sperma akibat terganggunya hormon.

3.        Akibat Merokok
Bukan hanya bagi wanita namun merokok juga dapat membuat kualitas sperma pria buruk. Selain itu gemar merokok juga meningkatkan terjadinya impotensi.

4.        Akibat Mengkonsumsi Banyak Alkohol
Banyak mengonsumsi minuman keras atau alkohol dapat menjadi racun bagi testis pria. Hal ini berakibat pada penurunan tingkat testosteron pada pria. Penurunan kadar tertosteron sendiri membuat fungsi reproduksi serta seksual menjadi turun sehingga struktur sperma yang dihasilkan tidak sempurna.

5.        Impotensi
Gangguan ini menyebabkan penis tidak dapat berdiri dan berejakulasi akibat tidak normalnya aliran darah menuju penis.

6.        Terjadinya Kelainan Genetik
Kelainan genetik dapat menyebabkan seorang pria hanya sedikit atau bahkan tidak memproduksi sperma sama sekali.

7.        Tersumbatnya Saluran Sperma
Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi dari bakteri atau bahkan bawaan sejak lahir.

8.        Akibat Mengonsumsi Obat Atau Radiasi
Penggunaan obat atau terkena radiasi dapat mempengaruhi kualitas sperma, hormon reproduksi, kesuburan dan fungsi testis.

9.        Variokokel
Terjadinya pelebaran pada pembuluh daerah pada buah zakar.

CARA MENDETEKSI KEMANDULAN
Cara mendeteksi kemandulan, diperlukan serangkaian tes dari dokter. Kemandulan sendiri baru akan terdeteksi setelah melakukan tes kesuburan secara lengkap. Tes ini meliputi pengecekan riwayat kesehatan serta tes fisik. Tes kesuburan, biasanya dilakukan jika masalah hanya dapat diselesaikan dengan tes tersebut. Menemukan penyebab kesuburan dapat memakan waktu yang cukup lama karena prosesnya yang panjang dan cukup komplek. Tidak hanya memakan waktu berminggu-minggu namun, ada pula tes yang memakan waktu lama bahkan hingga berbulan-bulan lamanya sehingga memakan biaya yang tidak sedikit. Dengan lamanya proses ini, maka tidak heran jika ada banyak pasangan yang merasa putus asa dalam melanjutkan tes hingga tuntas.

·           Tes Pada Wanita
Tes yang dilakukan pada wanita umumnya ditujukan untuk mengetahui apakah terjadi ovulasi pada tiap bulannya. Tes ini biasanya dilakukan dengan mencatat ovulasi dengan cara mengukur suhu tubuh pada pagi hari serta, mencatat gambaran serta kondisi lendir serviks selama beberapa bulan. Pencatatan ini berguna untuk bahan analisa dokter untuk mengetahui ada masalah tidak pada ovulasi. Selain itu, tes darah serta USG ovarium diperlukan untuk mengetahui kondisi terjadinya ovulasi pada perempuan. Ketika ovulasi normal dan tidak ada gangguan maka tes lanjutan diperlukan.

·           Tes Pada Pria
kemandulan pada laki- laki, dilakukan oleh dokter dengan cara melakukan tes kadar hormon.

CARA MENGOBATI KEMADULAN
Kemandulan dapat diatasi dengan obat inseminasi, bayi tabung atau bahkan pembedahan. Untuk beberapa kondisi, kemandulan diatasi menggunakan cara-cara tersebut yang digabung. Ada banyak pasangan yang berhasil mengatasi kemandulan dengan cara diobati dan perawatan yang baik. Sebagian dari mereka juga ada yang berhasil setelah melakukan pembedahan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

KONSUMSI MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KESUBURAN
Makanan memiliki peran yang begitu besar bagi tingkat kesuburan seseorang. Bagi anda yang tengah menjalani program cepat cepat hamil maka makanan – makanan berikut ini dapat dijadikan sebagai menu sehat untuk mempercepat kehamilan. Berikut ini diantaranya :

1.        Produk Olahan Susu
Produk olahan susu tidak hanya tinggi lemak namun juga kaya akan kalsium yang bagus untuk kesuburan. Es krim serta yogurt merupakan produk olahan susu yang berkhasiat sebagai penyubur kandungan.

2.        Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung asam omega 3 yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon sehingga termasuk ke dalam daftar makanan yang menyuburkan.

3.        Nanas
Nanas merupakan sumber mineral baik seperti mangan. Mangan sendiri merupakan enzim aktif yang dapat memicu produksi dari hormon reproduksi. Mangan biasanya dihubungkan dengan kesulitan pembuahan. Kehebatan lain dari buah nanas adalah membantu pencernaan tubuh supaya lebih baik. Namun makan nanas saat hamil sangat tidak disarankan.

4.        Madu
Madu memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kesuburan seseorang. Madu sendiri dikenal sebagai obat bagi 1001 macam jenis penyakit mulai dari penyakit berat hingga jenis penyakit yang ringan sekalipun.

5.        Telur
Telur memiliki banyak kandungan baik seperti lemak, omega 3 serta protein. Beragam kandungan ini dibutuhkan untuk pembentukan estrogen dan hormon progesteron.

6.        Makanan Dengan Banyak Kandungan Protein
Ada banyak sekali makanan dengan banyak kandungan protein seperti kacang, kacang tanah, kecambah dan kacang polong. Kacang – kacangan tersebut memiliki kandungan manfaat zat besi yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk meningkatkan kesuburan seseorang. Kecambah sendiri mengandung vitamin E yang bagus untuk menangkal radikal bebas karena dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

7.        Sayuran Yang Berpigmen
Sayuran yang berpigmen merupakan sayuran yang dapat dijumpai dengan warna merah atau kuning seperti halnya wortel, labu serta skuas. Sayuran ini banyak mengandung beta karoten serta sumber vitamin A. Vitamin A sendiri bagus untuk meningkatkan kesuburan seseorang. Vitamin ini bagus untuk menjaga organ reproduksi serta jaringan reproduksi .

8.        Cabe
Cabe dikenal sebagai bahan pelengkap makanan yang digemari oleh banyak orang. Cabe dapat digunakan untuk meningkatkan aliran darah termasuk pada sistem reproduksi. Cabe dapat merangsang produksi hormon endhorpin dan bagus untuk kesuburan. Hormon ini berhubungan dengan pelepasan stres dan dapat memicu terjadinya kehamilan.

9.        Makanan Dengan Banyak Kandungan Vitamin C
Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C yang dapat kita dapatkan di lingkungan sekitar seperti halnya buah jeruk anggur, kiwi dan lain-lain. Vitamin ini dapat meningkatkan kualitas sperma karena dapat mencegah terjadinya penggumpalan pada sperma. Vitamin C juga dapat meningkatkan terjadinya pembuahan serta membantu pelepasan sel telur. Kegunaan lain dari vitamin C adalah untuk menambah daya tahan tubuh supaya terhindar dari penyakit akibat radikal bebas yang kini banyak ditemukan di mana – mana.

10.   Bawang Merah
Bawang merah merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan dalam melezatkan makanan. Bawang merah juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Bawang merah juga dikenal sebagai bahan masakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah sperma pada laki – laki.

11.   Makanan Yang Mengandung Lemak Yang Baik
Makanan untuk meningkatkan kesuburan juga dapat diperoleh dari makanan dengan banyak kandungan lemak baik seperti omega 3 serta lemak tak jenuh. Ada banyak bahan makanan yang mengandung lemak baik seperti biji bunga matahari, sarden, alpukat, almond dan biji labu. Biji – bijian serta kacang – kacangan mengandung phytosterols yang dapat meningkatkan hormon testosteron. Jenis lemak tersebut juga dapat mengurangi terjadinya peradangan serta meningkatkan sensitivitas insulin.

12.   Gandum Utuh
Makanan ini dapat digunakan sebagai makanan penyubur supaya cepat hamil karena dapat meningkatkan kesuburan. Selain gandum ada pula jenis karbohidrat lain yang sama baiknya dengan gandum seperti jagung havermut, beras merah dan roti gandum.

13.   Tiram
Tiram memiliki kadar zat besi yang sukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai makanan yang bagus dalam meningkatkan tingkat kesuburan seseorang.

Ada banyak sekali jenis makanan yang mampu meningkatkan kesuburan seseorang. Konsumsi dengan kadar pas dan tidak berlebihan, mampu membuat tubuh kita menjadi sehat sekaligus bagus untuk menjalankan program cepat hamil. Selain makanan, anda juga harus memperhatikan pola hidup anda. Pastikan menjalani pola hidup yang sehat supaya terhindar dari masalah susah hamil seperti dengan menjauhi rokok serta pengonsumsian alkohol. Semoga bermanfaat.

Sumber : hamil.co.id

COMMENTS

Name

#BikaBogor #BikaBogorTalubi #kulinerbogor #oleholehBogor #Oleholehkhasbogor Alpukat Apel Asa's Stories Asam Urat Asma Batuk Bayi Berita Bisul Blogging & Writing BPJS buku Cara Cepat Hamil Cinta's Stories Community competition Daun Demam Diabetes Diet Event Family Journal Family Trip Flu Gigi Ginjal Golongan Darah Health Hipertensi Ibu Hami Ibu Hamil Imun Jantung Sehat Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Jerawat Kanker Kebidanan Kecantikan Kehamilan Keluarga Keputihan Kesehatan kesehatan Bayi Kesehatan Gigi Kesehatan Kulit Kisah Kolesterol Kontrasepsi Kulit Life Liver Madu Masakan Mata Mengobati Migrain Mom Journal Nanas Nutrisi Nutrisi Untuk Bangsa Nyeri Obat Office Story on Media Otak Pasca Melahirkan Pencernaan Pisang Radang Rambut Relationship Rematik Resep Reumatik Review Seksualitas Semangka Sponsored Post Stamina Tips Tought Tulang Vitamin Wajah Wanita We Care wisata
false
ltr
item
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita: Apa Saja Penyebab Kemandulan?
Apa Saja Penyebab Kemandulan?
Apa Saja Penyebab Kemandulan?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL-h4Kvuw-pXidkfSdpfT1lqSieJ-I0_oq_V6VEA64r1p75wQ0cy902vOJ-Fa5BQNp4iEaxuC1Py0cacy_XTC5zDhUKpKDPDOAU5Jsb43PzlIx3dA8Slk94ogrOqbECYOHR50pEqxUZiqZ/s1600/Apa+Saja+Penyebab+Kemandulan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL-h4Kvuw-pXidkfSdpfT1lqSieJ-I0_oq_V6VEA64r1p75wQ0cy902vOJ-Fa5BQNp4iEaxuC1Py0cacy_XTC5zDhUKpKDPDOAU5Jsb43PzlIx3dA8Slk94ogrOqbECYOHR50pEqxUZiqZ/s72-c/Apa+Saja+Penyebab+Kemandulan.jpg
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita
https://bumil-balita.blogspot.com/2015/12/Apa-Saja-Penyebab-Kemandulan.html
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/2015/12/Apa-Saja-Penyebab-Kemandulan.html
true
8741920363903863250
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy