13 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Ginjal, Pencernaan, Kulit dsb

Buah lontar atau juga dikenal dengan nama buah siwalan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang termasuk dalam jenis tanaman palma ini tumbuh dengan subur di kawasan Asia Tenggara dan Selatan, salah satunya dinegara kita Indonesia.

loading...
Manfaat buah lontar - Buah lontar atau juga dikenal dengan nama buah siwalan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang termasuk dalam jenis tanaman palma ini tumbuh dengan subur di kawasan Asia Tenggara dan Selatan, salah satunya dinegara kita Indonesia.

Sebelum kita bahas apa saja manfaat buah Lontar untuk kesehatan ada baiknya kalau kita kenalan lebih jauh tentang buah ini. Untuk penamaanya sendiri, di beberapa daerah pohon ini juga dikenal dengan nama-nama yang mirip seperti lonta (Min.), ental (Sd., Jw., Bal.), taal (Md.), dun tal (Sas.), jun tal (Sumbawa), tala (Sulsel), lontara (Toraja), lontoir (Ambon). Juga manggita, manggitu (Sumba) dan tua (Timor). B. flabellifer menjadi flora identitas Provinsi Sulawesi Selatan. (Wikipedia)

Pohon lontar dapat tumbuh hingga ketinggian 30 meter dengan memiliki daun yang besar, terkumpul di ujung batang membentuk tajuk yang membulat. Buah tanaman ini bergerombol dalam tandan, hingga sekitar 20 butir, bulat peluru berdiameter 7-20 cm, hitam kecoklatan kulitnya dan kuning daging buahnya bila tua. Berbiji tiga butir dengan tempurung yang tebal dan keras. 

Buah lontar biasanya dijadikan sebagai buah untuk campuran minuman segar. Daging buah yang tua, berwarna kekuningan dan berserat, dapat dimakan segar ataupun dimasak terlebih dahulu. Cairan kekuningan diambil untuk dijadikan campuran panganan atau kue – kue atau untuk dibuat menjadi selai. Wah ternyata ada banyak manfaat buah lontar selain untuk kesehatan ya.

Kandungan Nutrisi Buah Lontar

Manfaat buah lontar yang sangat luar biasa tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, setidaknya dalam 100 gr buah siwalan, mengandung Total gula 10.93, Gula reduksi 0.96, Protein 0.35, Nitrogen 0.056, pH 6.7-6.9, Specific gravity 1.07, Mineral sebagai abu 0.54, sedikit kalsium, Fosfor 0.14, Besi 0.4, Vitamin C 13.25 dan Vitamin B1 (IU) 3.9
Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Nah, berikut ini beberapa manfaat buah lontar untuk kesehatan yang perlu kita ketahui:

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat buah lontar untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Organ ini sangat berperan bagi tubuh kita terutama dalam proses ekskresi dalam tubuh. Beberapa tugas penting ginjal yaitu mengatur volume cairan dalam tubuh, mengatur hormonal dan ekskresi sisa-sisa metabolisme. Fosfor yang terkandung pada lontar dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses urinasi atau proses buang air kecil.

2. Mengobati Penyakit Kulit atau dermatitis

Manfaat buah lontar selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit kulit atau dermatis. Penyakit kulit tidak hanya menganggu kita dari rasa sakit atau gatal namun juga sangat menganggu kecantikan kulit kita. Meskipun belum banyak penelitian tentang khasiat lontar terhadap penyakit kulit namun buah lontar yang sudah tua dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit kulit.

3. Bersifat Antioksidan

Satu lagi manfaat buah lontar yang sangat luar biasa, yaitu bersifat antioksidan, sebagaimana kita ketahui antioksidan merupakan zat atau senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat oksidasi dalam tubuh kita. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Kemudian vitamin B1 lontar juga dapat menjadi antioksidan dengan kemampuannya yang dapat menjaga sel dalam tubuh kita dari kerusakan atau penuaan.

4. Bersifat Antibiotik

Selain bersifat antioksidan, buah lontar juga bersifat antibiotik, antibiotik sendiri merupakan senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa menganggu kesehatan anda. Di dalam nira lontar terdapat enzim yang dipercaya dapat berperan sebagai antibiotik bagi tubuh. Bahkan sudah dilakukan uji coba pembuatan minuman probiotik dari siwalan dengan menambahkan susu skim. Minuman probiotik merupakan minuman yang mengangandung microorganisme baik yang bisa melawan bakteri merugikan dalam tubuh kita.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah siwalan untuk pencernaan juga sangat luar biasa, buah ini dapat mengatasi gangguan susah buang air besar atau sembelit. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung serat yang cukup tinggi.
Sifat nira lontar yang seperti cairan tubuh (isotonik) sangat membantu melancarkan pencernaan lebih cepat dibandingkan air biasa. Kemudian kandungan fosfor lontar mampu membantu proses pencernaan riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3). Vitamin B1 lontar juga dapat membantu pencernaan karena berperan dalam pengeluaran asam hidroklorat yang penting untuk pencernaan dalam tubuh kita.

6.Menyejukan Tubuh

Saat tubuh kita kelelahan dan terasa gerah maka buah ini bisa anda konsumsi, tekstur buah lontar yang kenyal seperti gel dan dingin mampu membantu menyejukkan tubuh anda setelah mengkonsumsinya.

7. Sebagai Isotonik

Aktivitas tubuhyang padat membuat cairan dalam tubuh berkurang. Saat tubuh beraktifitas, makan akan mengeluarkan cairan tubuh sebanyak 2-3 liter dalan sehari. Untuk menganti cairan tubuh yang hilang itulah kita harus mencukupi kebutuhan cairan kita agar tidak dehidrasi. Jika anda selama ini hanya mengenal isotonik dalam bentuk minuman kemasan maka perlu anda ketahui bahwa nira lontar juga dapat berperan sebagai minuman isotonik. 

Kandungan mineral nira lontar yang tinggi dan mirip dengan cairan tubuh lah yang membuat ia dapat dikatakan sebagai isotonik. Minuman isotonik memiliki kelebihan dibandingkan air putih biasa, yaitu mampu mengantikan cairan tubuh lebih cepat dibandingkan air putih biasa.

8. Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, buah ini juga sangat baik sekali, nira lontar baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah pada suatu bahan makanan. 

 Jika selama anda sudah mengenal gula jagung  baik bagi penderita diabetes maka kini juga telah dikembangkan gula dari nira lontar yang rendah indeks glikemiknya sehingga dapat membantu mengontrol gula darah. Selain itu dalam sebuah jurnal 2013 “Pakistan Journal Pharmaceutical Sciences” mengungkapkan bahwa ekstrak akar lontar juga mampu mengendalikan kadar gula darah.

9. Mengurangi Stress

Beban kerja yang tinggi membuat kita stress berat, nah kesegaran buah lontar dapat membuat kita lebih tenang dan sejuk. Selain itu kandungan vit C lontar juga berperan dalam mengatasi stres kita. Sebuah penelitian yang dilakukan di Montreal menunjukkan bahwa suplementasi vit C mampu menaikkan mood pasien ramat inap di rumah sakit. Vit C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas atau senyawa yang berbahaya bagi kesehatan anda.

10. Sebagai Sumber Energi

Buah lontar juga menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh kita. Salah satu sumber energi adalah gula. Bahkan otak kita hanya menerima energi dalam bentuk glukosa. Dalam lontar terkandung gula sukrosa dan glukosa yang bisa menjadi sumber energi otak kita.

11. Sumber Karbohidrat

Buah lontar juga menjadi sumber karbohidrat tinggi, untuk daging buah muda yang berwarna putih merupakan sumber karbohidrat berupa sukrosa, glukosa dan air. kadar protein dan lemaknya sangat rendah dibawah 1%, serta sedikit serat.    

12. Mengobati Sakit Liver

Bunga dari buah lontar ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit liver. Selain itu, arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

13. Mengobati Penyakit Cacingan

Bagi penderita cacingan, akar buah siwalan berguna untuk obat cacing dan melancarkan air seni. Merebus akar yang masih muda dan meminum air rebusannya juga bisa menjadikannya obat pada penyakit berupa gangguan pernapasan

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 13 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan yang perlu kita semau ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 27 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

COMMENTS

Name

#BikaBogor #BikaBogorTalubi #kulinerbogor #oleholehBogor #Oleholehkhasbogor Alpukat Apel Asa's Stories Asam Urat Asma Batuk Bayi Berita Bisul Blogging & Writing BPJS buku Cara Cepat Hamil Cinta's Stories Community competition Daun Demam Diabetes Diet Event Family Journal Family Trip Flu Gigi Ginjal Golongan Darah Health Hipertensi Ibu Hami Ibu Hamil Imun Jantung Sehat Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Jerawat Kanker Kebidanan Kecantikan Kehamilan Keluarga Keputihan Kesehatan kesehatan Bayi Kesehatan Gigi Kesehatan Kulit Kisah Kolesterol Kontrasepsi Kulit Life Liver Madu Masakan Mata Mengobati Migrain Mom Journal Nanas Nutrisi Nutrisi Untuk Bangsa Nyeri Obat Office Story on Media Otak Pasca Melahirkan Pencernaan Pisang Radang Rambut Relationship Rematik Resep Reumatik Review Seksualitas Semangka Sponsored Post Stamina Tips Tought Tulang Vitamin Wajah Wanita We Care wisata
false
ltr
item
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita: 13 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Ginjal, Pencernaan, Kulit dsb
13 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Ginjal, Pencernaan, Kulit dsb
Buah lontar atau juga dikenal dengan nama buah siwalan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang termasuk dalam jenis tanaman palma ini tumbuh dengan subur di kawasan Asia Tenggara dan Selatan, salah satunya dinegara kita Indonesia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxyfYTPIBqia40UGKDHqzcEgNJN0ge6t555ufz294l1L6JB1McuhZqjEhoc130_BO7lLa2pJuFEYxL9Hj4zQTFbz0dj6oUJYDvqEcEs1Rzrhk2XK5atwutcTKewFd_bADs7_p6XV9Rq-k/s640/Manfaat+Buah+Lontar+Untuk+Kesehatan.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxyfYTPIBqia40UGKDHqzcEgNJN0ge6t555ufz294l1L6JB1McuhZqjEhoc130_BO7lLa2pJuFEYxL9Hj4zQTFbz0dj6oUJYDvqEcEs1Rzrhk2XK5atwutcTKewFd_bADs7_p6XV9Rq-k/s72-c/Manfaat+Buah+Lontar+Untuk+Kesehatan.png
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita
https://bumil-balita.blogspot.com/2017/01/13-manfaat-buah-lontar-untuk-kesehatan.html
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/2017/01/13-manfaat-buah-lontar-untuk-kesehatan.html
true
8741920363903863250
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy