10 Penyebab Bayi Tidak Pipis Semalaman Sangat Berbahaya

Apakah Anda pernah menemukan bekas popok bayi masih kering pada pagi harinya? Bahkan bayi Anda tidak menangis atau merengek karena popok yan...

loading...

Apakah Anda pernah menemukan bekas popok bayi masih kering pada pagi harinya? Bahkan bayi Anda tidak menangis atau merengek karena popok yang basah. Ini berarti bahwa bayi Anda mungkin sudah lebih dari 14 jam tidak buang air kecil. Waktu 14 jam adalah waktu terlama bayi bayi untuk tidak buang air kecil dan kejadian ini memang harus segera mendapatkan perhatian. Bayi biasanya akan buang air kecil selama satu sampai satu setengah jam sekali. Berikut ini adalah beberapa penyebab bayi tidak pipis semalaman dan bagaimana cara untuk mengatasinya:

  1. Bayi terkena dehidrasi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mencoba untuk mengenali berbagai ciri-ciri bayi dehidrasi. Salah satunya adalah bayi tidak sering buang air kecil akibat tubuh bayi tidak menerima cairan yang cukup. Bayi yang kekurangan cairan secara otomatis ginjal bayi tidak bekerja untuk menyaring kotoran seperti dari cairan tubuh. Kemudian ginjal juga tidak mengirim cairan sisi ke sistem kemih yang kemudian membuat bayi tidak bisa buang air kecil. Jika terjadi seperti ini maka berikan ASI atau susu formula. Semua cairan bisa diberikan untuk bayi sesuai dengan usia bayi Anda. (baca: tanda tanda bayi dehidrasi – cara mengatasi bayi jarang pipis)

Baca Juga:

  1. Bayi Anda sedang demam

Demam bisa menjadi penyebab bayi tidak buang air kecil lebih sering. Ketika tubuh bayi menjadi demam maka bagian tubuh bayi menjadi sangat panas dan biasanya mengeluarkan cairan dari keringat secara berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan bayi kehilangan cairan dengan cepat dan ginjal mereka juga tidak menyaring kotoran dengan baik. Jika demam tidak segera diatasi maka juga bisa menyebabkan bayi terkena dehidrasi atau step pada bayi.

Baca: cara mengatasi demam pada bayi – kejang demam pada anak –  penyebab step pada anak –  cara menurunkan panas pada anak

  1. Kondisi cuaca yang sangat panas

Ketika kondisi cuaca sangat panas maka bisa menyebabkan bayi tidak pipis semalaman. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada bayi tapi  juga pada orang dewasa. Cuaca yang panas membuat tubuh melakukan metabolisme yang lebih cepat. Kemudian tubuh bayi bisa mengeluarkan keringat yang lebih banyak dan tidak ada cairan yang disaring melewati ginjal. Cuaca yang sangat panas juga bisa menyebabkan bayi terkena dehidrasi sehingga kekurangan cairan. Untuk membantu mengatasi ini maka tawarkan ASI, susu atau air putih untuk bayin sesering mungkin. Anda juga bisa memasang AC pada kamar bayi sehingga bayi tidak terkena efek cuaca yang panas. (baca juga: bahaya AC bagi balita – efek samping AC terhadap bayi)

  1. Bayi Anda terkena diare

Jika bayi Anda terkena diare maka bayi Anda bisa mengalami resiko dehidrasi yang lebih tinggi. Diare pada bayi menyebabkan cairan bayi terkuras habis dan banyak cairan yang keluar bersama dengan saat bayi buang air besar. Kondisi ini sangat rentan untuk bayi karena bayi Anda lebih sering kekurangan cairan. Terkadang diare juga bisa menyebabkan tubuh bayi mengalami demam tinggi yang membuat kesehatan bayi menurun dengan cepat. Ketika bayi terkena diare maka berikan obat diare untuk bayi yang paling sesuai.

Baca:

ads (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  1. Bayi Anda terkena infeksi saluran kemih

Ada beberapa bayi yang tidak pipis semalaman karena terkena penyakit infeksi saluran kemih. Penyakit ini bisa terjadi akibat infeksi yang menyerang pada saluran kemih. Ada banyak penyebab yang bisa terjadi pada bayi termasuk kondisi kebersihan area tubuh bawah bayi, ibu sering terlambat mengganti popok bayi yang kotor dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Infeksi saluran kemih pada bayi bisa sangat berbahaya jika tidak diobati dengan tepat. Bayi bisa terkena penyakit ginjal akibat infeksi yang sudah menjalar ke ginjal. (baca: infeksi saluran kemih pada anak – infeksi saluran kemih pada ibu hamil)

  1. Penyakit gagal ginjal

Resiko penyakit gagal ginjal bisa menyebabkan bayi tidak bisa buang air kecil. Gagal ginjal bisa menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat karena tubuh bayi tidak memiliki mekanisme yang sempurna untuk mengontrol cairan dan racun dalam tubuh. Ini penyakit yang sangat serius karena bisa membuat bayi membutuhkan perawatan serius di rumah sakit. Beberapa tanda penyakit ginjal yang sering terjadi pada bayi misalnya seperti diare, demam, ruam, ada darah dalam air seni dan semua bagian tubuh terlihat ruam.  (baca juga: manfaat susu formula untuk bayi – bahaya pemberian air putih pada bayi usia 0-6 bulan)

  1. Pengaruh jenis popok yang digunakan

Ketika Anda curiga bayi tidak pipis semalaman maka Anda juga harus melihat faktor lain, termasuk jika bayi terlihat sehat dan tidak ada gejala sakit apapun. Beberapa jenis popok memiliki desain dan bahan yang berkualitas. Kemudian popok  bisa menyerap air kencing dengan sangat baik sehingga popok terlihat sangat kering pada pagi hari. Namun Anda harus benar-benar memeriksa apakah kondisi popok memang seperti itu atau memang bayi Anda tidak buang air kecil selama lebih dari 12 jam.

baca: mitos mitos bayi baru lahir –  perut kembung pada bayi – cara mengatasi perut kembung pada bayi – tips memilih baju bayi baru lahir

  1. Bayi terkena Sindrom Prune Belly

Jenis sindrom ini sering terjadi pada bayi laki-laki yang sering menyebabkan bayi tidak buang air kecil dalam waktu yang sangat lama. Kondisi ini terjadi ketika bagian perut bayi membesar akibat otot pada dinding perut bayi yang seharusnya normal menjadi hilang atau sangat lemah. Hal ini bisa menyebabkan bagian saluran kemih membesar, bagian kedua testis berada di bagian tubuh dan tidak mau turun ke bagian skrotum. Kemudian kulit di bagian perut bayi menjadi sangat kusut dan terlihat kondisi yang tidak normal. (baca: hernia pada bayi – gejala hernia pada bayi)

Baca juga:  cara menjaga agar bayi tidak mudah sakit – cara agar balita tidak mudah sakit – tips agar anak tidak mudah sakit.

  1. Kelainan pada organ kelamin bayi

Beberapa bayi laki-laki juga bisa sering tidak buang air kecil karena mengalami kelainan pada bagian organ kelamin bayi. Kondisi ini sering disertai dengan beberapa gejala seperti demam, bayi sering menangis , bayi sangat rewel dan kondisi tubuh bayi terlihat sakit. Jika terjadi kelainan seperti ini maka bayi harus segera mendapatkan perawatan dari dokter. Biasanya bayi laki-laki akan di sunat untuk membersihkan semua kotoran atau sumbatan pada organ kelamin. Jika cepat ditangani maka bayi bisa tumbuh sehat dan sempurna.

Informasi bayi prematur:

  1. Bayi mengalami cacat jantung bawaan

Ketika bayi dilahirkan dengan masalah cacat jantung bawaan maka biasanya bayi juga mengalami masalah infeksi saluran kemih. Kondisi ini memang bisa membuat bayi tidak buang air kecil secara normal. Namun kondisi ini juga sering menjadi cacat genetik sehingga penyebabnya sudah diketahui sejak awal. (Baca:  kelainan jantung pada bayi baru)

 Sponsors Link

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1492601090020-0’); });

Tips ketika bayi tidak pipis semalaman

  1. Ketika bayi Anda baru mengalami hal ini maka Anda harus mengontrol buang air kecil bayi selama 24 jam. Apakah pada siang hari bayi buang air kecil secara normal atau tidak. Kemudian Anda juga harus melihat apakah bayi sakit atau kekurangan cairan.
  2. Jika tidak ada penyebab cuaca atau demam dan bayi terlihat sehat maka kemungkinan bayi kekurangan cairan. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk menawarkan ASI atau susu formula sehingga bayi Anda tidak kekurangan cairan.
  3. Jika bayi mengalami tanda tanda infeksi saluran kemih maka sebaiknya segera membawa bayi ke dokter untuk mendapatkan bantuan dokter. Infeksi saluran kemih bisa berbahaya untuk bayi sehingga bisa menyebabkan kondisi bayi memburuk.
  4. Untuk menghindari semua komplikasi serius maka ibu sebaiknya memperhatikan kondisi bayi secara umum. Termasuk untuk kondisi fisik yang membuat bayi tidak buang air kecil secara teratur. Kemudian ibu juga harus memeriksakan bayi ke dokter agar semua gejala yang terjadi bisa ditemukan sejal awal.
  5. Anda bisa merubah jenis popok yang digunakan. Beberapa bayi yang belum terbiasa menggunakan popok praktis tidak mau pipis karena dianggap kurang nyaman. Untuk mengatasi ini maka ibu bisa melakukan beberapa percobaan yang bisa membuat bayi menemukan popok yang paling nyaman.

Itulah beberapa penyebab bayi tidak pipis semalaman dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Semua ibu harus waspada dengan semua gejala dan kondisi fisik pada bayi sehingga jika ada penyakit yang berbahaya maka segera mencari bantuan dokter.

The post 10 Penyebab Bayi Tidak Pipis Semalaman Sangat Berbahaya appeared first on Hamil.

COMMENTS

Name

#BikaBogor #BikaBogorTalubi #kulinerbogor #oleholehBogor #Oleholehkhasbogor Alpukat Apel Asa's Stories Asam Urat Asma Batuk Bayi Berita Bisul Blogging & Writing BPJS buku Cara Cepat Hamil Cinta's Stories Community competition Daun Demam Diabetes Diet Event Family Journal Family Trip Flu Gigi Ginjal Golongan Darah Health Hipertensi Ibu Hami Ibu Hamil Imun Jantung Sehat Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Jerawat Kanker Kebidanan Kecantikan Kehamilan Keluarga Keputihan Kesehatan kesehatan Bayi Kesehatan Gigi Kesehatan Kulit Kisah Kolesterol Kontrasepsi Kulit Life Liver Madu Masakan Mata Mengobati Migrain Mom Journal Nanas Nutrisi Nutrisi Untuk Bangsa Nyeri Obat Office Story on Media Otak Pasca Melahirkan Pencernaan Pisang Radang Rambut Relationship Rematik Resep Reumatik Review Seksualitas Semangka Sponsored Post Stamina Tips Tought Tulang Vitamin Wajah Wanita We Care wisata
false
ltr
item
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita: 10 Penyebab Bayi Tidak Pipis Semalaman Sangat Berbahaya
10 Penyebab Bayi Tidak Pipis Semalaman Sangat Berbahaya
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita
https://bumil-balita.blogspot.com/2017/04/10-penyebab-bayi-tidak-pipis-semalaman.html
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/2017/04/10-penyebab-bayi-tidak-pipis-semalaman.html
true
8741920363903863250
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy