Mengenal lebih jauh tentang cara pengobatan kanker dalam dunia medis secara lengkap

Metode dan cara pengobatan kanker dalam dunia medis sangat tergantung pada jenis kanker, stadium kanker (berapa luas /tingkat penyebaran...

loading...
Metode dan cara pengobatan kanker dalam dunia medis sangat tergantung pada jenis kanker, stadium kanker (berapa luas /tingkat penyebaran), usia, status kesehatan, dan karakteristik tambahan. Namun perlu diketahui bahwa Tidak ada pengobatan tunggal untuk penyakit kanker, pasien sering menerima terapi pengobatan kombinasi (perpaduan) dan perawatan paliatif.
Jenis-jenis Pengobatan kanker di kategorikan sebagai berikut: operasi, radiasi, kemoterapi, imunoterapi atau terapi hormon dan terapi gen. Selengkapnya tentang metode pengobatan kanker akan kita bahas secara lengkap dibawah ini
cara pengobatan kanker dalam dunia medis, pengobatan kanker

metode pengobatan kanker dalam dunia medis

1. Pengobatan kanker secara operasi atau pembedahan.

Pembedahan merupakan salah satu jenis pengobatan tertua untuk kanker. Operasi biasanya dilakukan untuk mencegah sel kanker menyebar ke bagian tubuh yang lain. Namun jika memang kanker telah menyebar terlalu luas / metastasis ke organ organ vital tubuh kemungkinan sudah tidak bisa lagi nenggunakan atau menyembuhkan pasien dengan cara operasi.
operasi pengangkatan kanker ini bertujuan untuk menghapus dan membuang selurah sel kanker biasanya sering dilakukan pada jenis-jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payud*ra atau kanker test!s. Namun jika Setelah penyakit telah menyebar keorgan tubuh sekitarnya bagaimanapun hampir tidak mungkin untuk menghapus / mengangkat semua sel kanker.
Operasi juga dapat berperan dalam membantu untuk mengontrol gejala seperti obstruksi usus atau kompresi sumsum tulang belakang. Inovasi terus dikembangkan untuk membantu proses operasi, contohnya sekarang sudah ada pisau bedah khusus kanker.

Saat ini, ketika operasi pengangkatan ahli bedah, mereka juga ikut mengambil sebuah sampel jaringan sehat disekitar penyakit untuk memastikan tidak ada sel-sel ganas yang tertinggal. Kemudian sampel jaringan tersebut di uji dilaboratorium untuk memastikan. Hal ini biasanya pasien tetap ada di bawah anestesi umum untuk tambahan 30 menit sementara sampel jaringan yang diuji di laboratorium. Jika memang sampel jaringan tersebut masih memiliki resiko muncul kembali kanker maka dokter harus kembali mengangkat jaringan sekitar (jika mungkin).

2. Pengobatan kanker melalui Radioterapi

Radioterapi merupakan metode pengobatan kanker dengan Radiasi yang berfungsi untuk menghancurkan sel kanker dengan cara memfokuskan sinar gamma-ray berenergi tinggi pada sel-sel kanker. Hal ini menyebabkan kerusakan pada molekul yang membentuk sel-sel kanker sehingga sel-sel tersebut mati.

Radioterapi menggunakan gamma-ray energi tinggi yang dipancarkan dari logam seperti radium atau energi tinggi sinar-x yang dibuat dalam mesin khusus. Perawatan radiasi menyebabkan efek samping yang berat karena energi tersebut juga bisa merusak sel-sel normal dan jaringan sehat lainnya, namun perkembangan teknologi telah ditingkatkan sehingga dapat lebih tepat sasaran dan bisa mengurangi efek samping.

3. Mengobati kanker melalui Kemoterapi

Kemoterapi adalah tehnik pengobatan kanker dengan menggunakan bahan kimia yang dapat mengganggu proses pembelahan sel - merusak protein atau DNA - sehingga sel-sel kanker akan mati dengan sendirinya. Perawatan ini menargetkan sel-sel yang membelah dengan cepat (tidak hanya sel kanker), tetapi sel normal biasanya dapat pulih dari kerusakan kimia sementara sel kanker tidak bisa.
Kemoterapi umumnya digunakan untuk mengobati kanker yang telah menyebar atau metastasis karena untuk obat-obatan ke seluruh tubuh. Ini adalah pengobatan yang diperlukan untuk beberapa bentuk seperti leukemia dan limfoma. Pengobatan kemoterapi diberikan dengan siklus yang jelas sehingga tubuh memiliki waktu untuk menyembuhkan ( penyembuhan sel normal ) antara dosis.
Tetapi walaupun demikian masih ada efek samping yang umum seperti rambut rontok, mual, kelelahan, dan muntah. Terapi kombinasi sering diberikan termasuk beberapa jenis kemoterapi atau kemoterapi dikombinasikan dengan beberapa pengobatan lainnya. baca lebih lanjut tentang indikasi dan efek samping kemoterapi

4. Terapi Imunoterapi

Imunoterapi bertujuan untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan tumor. Immunotherapy lokal dengan cara menyuntikkan pengobatan ke daerah yang terkena, agar menyebabkan tumor menyusut. Immunotherapy sistemik ini dikakukan ke seluruh tubuh dengan pemberian agen seperti interferon alfa protein yang dapat mengecilkan tumor.
Imunoterapi juga dapat dianggap non-spesifik yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan kanker dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan, dan dapat dianggap ditargetkan jika perawatan khusus memberitahukan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker.
Terapi pengobatan kanker jenis ini relatif lebih muda dibanding dengan cara perawatan kanker yang lain, namun para peneliti telah sukses dengan perawatan yang memperkenalkan antibodi untuk tubuh yang menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.
Transplantasi sumsum tulang juga dapat dianggap imunoterapi karena sel-sel kekebalan donor sering akan menyerang tumor atau sel kanker yang ada dalam penerima.Terapi hormon telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara dan kanker prostat. Terapi hormon dirancang untuk mengubah produksi hormon dalam tubuh sehingga sel-sel kanker berhenti tumbuh atau dibunuh sepenuhnya.
Terapi hormon kanker payud*ra sering fokus pada pengurangan tingkat estrogen (obat umum untuk ini adalah tamoxifen) dan terapi hormon kanker prostat sering fokus pada pengurangan kadar testosteron. Selain itu, beberapa leukemia dan limfoma kasus dapat diobati dengan kortison hormon.

5. Terapi Gen

Tujuan dari terapi gen adalah untuk menggantikan gen yang rusak dengan orang-orang yang bekerja untuk mengatasi akar penyebab kanker yaitu kerusakan DNA, lebih fokus pada DNA sel kanker.
Terapi gen juga termasuk langkah-langkah untuk mengobati kanker yang tergolong sangat muda masih dalam proses penelitian dan belum terbukti menghasilkan apapun pengobatan yang berhasil. Sampai saat ini belum ada referensi yang jelas tentang metode tersebut.


COMMENTS

Name

#BikaBogor #BikaBogorTalubi #kulinerbogor #oleholehBogor #Oleholehkhasbogor Alpukat Apel Asa's Stories Asam Urat Asma Batuk Bayi Berita Bisul Blogging & Writing BPJS buku Cara Cepat Hamil Cinta's Stories Community competition Daun Demam Diabetes Diet Event Family Journal Family Trip Flu Gigi Ginjal Golongan Darah Health Hipertensi Ibu Hami Ibu Hamil Imun Jantung Sehat Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Jerawat Kanker Kebidanan Kecantikan Kehamilan Keluarga Keputihan Kesehatan kesehatan Bayi Kesehatan Gigi Kesehatan Kulit Kisah Kolesterol Kontrasepsi Kulit Life Liver Madu Masakan Mata Mengobati Migrain Mom Journal Nanas Nutrisi Nutrisi Untuk Bangsa Nyeri Obat Office Story on Media Otak Pasca Melahirkan Pencernaan Pisang Radang Rambut Relationship Rematik Resep Reumatik Review Seksualitas Semangka Sponsored Post Stamina Tips Tought Tulang Vitamin Wajah Wanita We Care wisata
false
ltr
item
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita: Mengenal lebih jauh tentang cara pengobatan kanker dalam dunia medis secara lengkap
Mengenal lebih jauh tentang cara pengobatan kanker dalam dunia medis secara lengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiF_Z834FbkBc5ni_9JnraARyRVhWAaEyBywz67MLaoniM9x0GNHdwyr2lScLsTZx_5wxgM_FjsosTcHraEIXOTWHZr77d8Hb79C_tIw5oKvT7de9gXqp-K1leVA9RolMZb4lHU9q9foU/s320/cara+pengobatan+kanker+dalam+dunia+medis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiF_Z834FbkBc5ni_9JnraARyRVhWAaEyBywz67MLaoniM9x0GNHdwyr2lScLsTZx_5wxgM_FjsosTcHraEIXOTWHZr77d8Hb79C_tIw5oKvT7de9gXqp-K1leVA9RolMZb4lHU9q9foU/s72-c/cara+pengobatan+kanker+dalam+dunia+medis.jpg
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita
https://bumil-balita.blogspot.com/2019/02/mengenal-lebih-jauh-tentang-cara.html
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/2019/02/mengenal-lebih-jauh-tentang-cara.html
true
8741920363903863250
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy