10 Manfaat Sayur Gambas Bagi Kesehatan

Gambas atau oyong merupakan jenis sayur yang dikenal sebagai pelengkap bila Anda memasak sayur bayam. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah ...

loading...
Gambas atau oyong merupakan jenis sayur yang dikenal sebagai pelengkap bila Anda memasak sayur bayam. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah tropis, subtropis dan daerah beriklim. Gambas sangat baik untuk kesehatan karena rendah kalori, bebas lemak, dan padat nutrisi.
10 Manfaat Sayur Gambas Bagi Kesehatan

Sayur ini memiliki serat yang tinggi, vitamin C dan K, dan konten folat serta kalsium dan kalium. Gambas juga mengandung niasin (vitamin B3), tiamin (vitamin B1), vitamin B6, magnesium, mangan, beta-karoten dan lutein. Selain itu, gambas juga memiliki sifat antioksidan kuat. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari gambas.

10 Khasiat Kesehatan Sayur Gambas


  • Mengurangi tingkat gula darah
Gambas berisi properti insulin, yang membantu menurunkan kadar gula darah. Gambas ini juga memiliki indeks glikemik rendah sekitar 20, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy & BioAllied mengkonfirmasi antidiabetes dan potensi antihyperlipidemic dari gambas kupas dan bubuk bijinya pada tikus diabetes.

  • Menurunkan kolesterol jahat
Gambas juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan menemukan bahwa aktivitas hipolipidemik ekstrak kulit gambas memberikan manfaat penurun kolesterol.

Khasiat sayur ini menghambat aktivitas esterase kolesterol pankreas, mengurangi khasiat micellization kolesterol dan mengikat asam empedu, yang pada gilirannya menunda penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresinya.

  • Mengatasi leukorea
Menurut praktek folkloric, gambas juga bermanfaat dalam mengobati leukorrhea, yang menyebabkan keputihan atau kekuningan antara menstruasi. Properti mucilaginous membantu menghilangkan lendir dari sistem tubuh anda, yang pada gilirannya mengurangi keputihan. Selain itu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan masalah.
  • Menjaga kehamilan tetap sehat
Gambas sangat dianjurkan untuk wanita hamil. Vitamin B penting di dalamnya membantu memastikan pertumbuhan yang sehat dari bayi dalam kandungan dan mencegah cacat lahir seperti spina bifida.

Selain itu, kaya akan asam folat yang membantu dalam memproduksi dan menjaga sel-sel baru, yang penting untuk kehamilan yang sehat. Folat juga mencegah keguguran. Vitamin C dalam gambas juga memainkan peran kunci dalam perkembangan janin.

  • Mencegah penyakit liver
Gambas membantu membersihkan liver dan mencegah penyakit liver. Sayur ini juga mengandung zat yang mengikat asam empedu dan kolesterol untuk detoksifikasi liver. Bahkan mencegah akumulasi lemak di liver.
  • Membuat rambut lembut dan bercahaya
Antioksidan dan vitamin dalam gambas dapat membantu Anda menikmati rambut mengkilap dan lembut. Gambas juga mengandung nutrisi lain yang berguna seperti tembaga, zinc, kalium, folat dan thiamin yang baik untuk rambut Anda.
  • Meningkatkan kesehatan mata
Gambas adalah booster visi. Ini mengandung vitamin A serta komponen antioksidan seperti beta-karoten, lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata. Vitamin A memberikan perlindungan kepada kornea, lutein melindungi mata dari berbahayanya ultraviolet (UV) dan zeaxanthin membantu pengembangan visual.
  • Menjaga kesehatan kulit
Beberapa nutrisi dalam gambas dapat membantu menjaga kulit Anda tampak muda dan sehat. Vitamin C membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan yang rusak, yang mempengaruhi pembentukan kolagen dan pigmentasi kulit. Hal ini juga mencegah jerawat, psoriasis dan kondisi kulit lainnya.
  • Meningkatkan fungsi pencernaan
Gambas merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Fiber memfasilitasi penyerapan air untuk memastikan meluruhkan produk limbah dari tubuh.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
Asupan rutin sayur gambas dapat memberikan dorongan untuk kekebalan Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu sel-sel darah putih berfungsi dengan baik dan mengembangkan kekebalan terhadap agen infeksi, mengurangi pilek dan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas berbahaya.

Baca juga:

COMMENTS

Name

#BikaBogor #BikaBogorTalubi #kulinerbogor #oleholehBogor #Oleholehkhasbogor Alpukat Apel Asa's Stories Asam Urat Asma Batuk Bayi Berita Bisul Blogging & Writing BPJS buku Cara Cepat Hamil Cinta's Stories Community competition Daun Demam Diabetes Diet Event Family Journal Family Trip Flu Gigi Ginjal Golongan Darah Health Hipertensi Ibu Hami Ibu Hamil Imun Jantung Sehat Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Jerawat Kanker Kebidanan Kecantikan Kehamilan Keluarga Keputihan Kesehatan kesehatan Bayi Kesehatan Gigi Kesehatan Kulit Kisah Kolesterol Kontrasepsi Kulit Life Liver Madu Masakan Mata Mengobati Migrain Mom Journal Nanas Nutrisi Nutrisi Untuk Bangsa Nyeri Obat Office Story on Media Otak Pasca Melahirkan Pencernaan Pisang Radang Rambut Relationship Rematik Resep Reumatik Review Seksualitas Semangka Sponsored Post Stamina Tips Tought Tulang Vitamin Wajah Wanita We Care wisata
false
ltr
item
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita: 10 Manfaat Sayur Gambas Bagi Kesehatan
10 Manfaat Sayur Gambas Bagi Kesehatan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOzBJn5F2eVvRnrnkZhxV15-kwDRC-s-xjiBQTH89hkj05dApX0DssIEIopqeC1oDuYZpwIxiMcq14-60gZn5qJX0fxtw9hiyyf_fsm5qTloKR30_82hgF8k1kp_svGJOUkYJHFAwb8DA/s320/gambar.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOzBJn5F2eVvRnrnkZhxV15-kwDRC-s-xjiBQTH89hkj05dApX0DssIEIopqeC1oDuYZpwIxiMcq14-60gZn5qJX0fxtw9hiyyf_fsm5qTloKR30_82hgF8k1kp_svGJOUkYJHFAwb8DA/s72-c/gambar.jpg
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita
https://bumil-balita.blogspot.com/2018/08/10-manfaat-sayur-gambas-bagi-kesehatan.html
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/2018/08/10-manfaat-sayur-gambas-bagi-kesehatan.html
true
8741920363903863250
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy