FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENCAPAIAN TARGET KOMPETENSI PRAKTIK KLINIK MAHASISWA KEBIDANAN BAB I PENDAHULUAN A. L...
loading...
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENCAPAIAN TARGET
KOMPETENSI PRAKTIK KLINIK MAHASISWA KEBIDANAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pembangunan di bidang kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan
nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan
masyarakat untuk hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat
kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. (1)
Pelayanan
kebidanan merupakan bagian dari pelayanan kesehatan dimana pelayanan kebidanan
ini menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan. Pelayanan
kebidanan ini dilaksanakan secara professional, tersedia selama 24 jam dan berkelanjutan
selama seorang pasien kebidanan menjalani perawatan. Dengan demikian pelayanan
kebidanan memegang peranan penting dalam upaya menjaga dan meningkatkan
kualitas pelayanan kesehatan di institusi tempat bidan tersebut memberikan
pelayanan kebidanan. Sejak tahun 1950 pencatatan telah mulai dilaksanakan oleh
profesi perawat dan bidan. Pada tahun 1970 kebutuhan kesehatan masyarakat
berkembang dan menuntut tanggung jawab bidan untuk melaksanakan praktik secara
mandiri, sehingga diperlukan pendokumentasian asuhan kebidanan. (2)
Dokumentasi
kebidanan mempunyai porsi besar dari catatan klinis pasien yang
menginformasikan faktor atau situasi tertentu selama asuhan kebidanan
diberikan. Dokumentasi kebidanan juga menjadi sarana komunikasi antar tenaga
kesehatan dalam mengungkapkan fakta actual pasien yang dapat di pertanggung
jawabkan. Keberadaan dokumentasi kebidanan yang berbentuk catatan maupun
laporan akan sangat membantu komunikasi antar sesama bidan maupun disiplin ilmu
yang lain dalam pemberian asuhan kepada pasien. Agar memenuhi aspek legal,
dapat di buktikan atau dijadikan bukti dalam persoalan hukum dan harus sesuai
dengan standar asuhan kebidanan.dengan demikian pemahaman bidan dan penerapan
keterampilan yang sesuai standar asuhan kebidanan mutlak di perlukan bidan agar
mampu melakukan pendokumentasian asuhan kebidanan dengan baik.
XXX adalah salah satu institusi
pendidikan kesehatan yang ada guna meningkatkan keterampilan mahasiswanya,
kususnya program studi DIII Kebidanan sesuai dengan visinya yaitu sebagai
pendidikan tinggi kebidanan unggulan yang mampu menghasilkan lulusan
profesional dan berakhlak mulia telah menerapkan praktek klinik kebidanan yang
mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan asuhan kebidanan pada setiap pasien
kebidanan dan melakukan pencatatan pendokumentasian sesuai target yang telah di
tentukan.
Program studi DIII kebidanan XXX
menentukan target Dokumentasi Kebidanan yang harus di capai oleh setiap
mahasiswa yang mengikuti Praktik Klinik kebidanan, yaitu meliputi ANC 100
format, INC 50 format, PNC 50 format, BBL 50 format dan KB 10format.
Berdasarkan
data yang di proleh dari Prodi DIII Kebidanan XXX 70% mahasiswanya sudah
mencapai target kompetensi untuk pendokumentasian ASKEB , dan 30% belum
mencapai target kompetensi yang di tentukan.
Berdasarkan studi pendahuluan dengan cara wawancara pada 10 orang
mahasiswa kebidanan di XXX 7 dari 10
orang mahasiswa mengatakan kurang nya motivasi belajar dan pemahahaman tentang
Pendokumentasian asuhan Kebidanan, karena lingkungan di sekitar seperti teman
kosan, maupun teman sejawat kurang saling memotivasi dalam belajar bersama,
untuk memenuhi target pencapaian kompetensi kebidanan, sedangkan 3 orang
lainnya mampu mencapai target kompetensi yang di inginkan dan tidak ada
permasalahan di lingkungan maupun dengan teman sejawat.
Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian Apakah Ada Faktor
Faktor Yang Berhubungan Dengan Pencapaian Target Kompetensi Praktik Klinik
Mahasiswa Kebidanan Di XXX Tahun XXX?
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan data
dan uraian diatas dilatar belakang masalah memberikan dasar bagi peneliti untuk
merumuskan pertanyaan penelitian sebagai beriku apakah ada Faktor-Faktor Yang
Berhubungan Dengan Pencapaian Target Kompetensi Praktik
Klinik Mahasiswa Kebidanan Di XXX Tahun XXX
C. Tujuan Penelitian
1.
Tujuan Umum
Tujuan umum penelitian ini adalah
untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pencapaian Target
Kompetensi
Praktik Klinik Mahasiswa Kebidanan Di XXX Tahun XXX
2.
Tujuan Khusus
a.
Mengetahui gambaran Motivasi Belajar
Di XXX Tahun
XXX
b.
Mengetahui gambaran lingkungan Di XXX
Di XXX Tahun
XXX
c.
Mengetahui Pencapaian Target Kompetensi
Mahasiswa Kebidanan Di XXX Tahun XXX
D. Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa kebidanan di XXX,
populasi seluruh mahasiswa tingkat III XXX pada bulan Mei sampai juni XXX.
Terdapat 112 orang mahasiswa, penelitian ini adalah penelitian analitik dengan
pendekatan Cross Sectional.
E. Manfaat Penelitian
a.
Bagi Institusi Pendidikan
XXX
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan Pengaruh lebih baik bagi Pencapaian Target
Kompetensi
Mahasiswa Kebidanan XXX Di XXX.
b.
Bagi Responden
Hasil penelitian ini
diharapkan menjadi pengetahuan dan wawasan bagi para mahasiswa kebidanan
tentang Pencapaian Target Kompetensi Praktik Klinik Mahasiswa
Kebidanan,
sehingga bisa lebih meningkatkan wawasan tentang Target Kompetensi
Mahasiswa Kebidanan.
c.
Bagi Peneliti
Dengan melakukan penelitian
ini diharapkan peneliti dapat menambah wawasan dan pengalaman dalam melakukan
penelitian, sehingga menjadi bekal untuk meningkatkan kemampuan mengenai
bagaimana proses dan cara melakukan penelitian serta pengalaman yang baik terutama
dalam aspek penelitian dan pemahaman tentang Faktor-Faktor
Yang Berhubungan Dengan Pencapaian Target Kompetensi Praktik Klinik Mahasiswa
Kebidanan XXX.