Tanda Awal Kehamilan Sebelum Tiba Haid Berikutnya

Tanda awal kehamilan ini bisa terjadi hingga seminggu sebelum ada cukup hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh untuk memberikan hasil tes kehamilan positif

loading...
Tanda Awal Kehamilan Sebelum Tiba Haid Berikutnya
Terlambat menstruasi adalah alasan paling umum bagi seorang ibu untuk melakukan tes kehamilan. Namun pada beberapa wanita ada yang sudah bisa merasakan tanda kehamilan lebih awal sebelum datang masa menstruasinya karena : Ada pergeseran hormon dan perubahan yang terjadi dalam tubuh yang dapat memberitahukan bahwa seorang wanita mungkin sedang hamil bahkan sebelum tes kehamilan positif. Wanita yang mengalami gejala tanda sebelum datang masa menstruasi adalah mungkin, karena sangat selaras dengan tubuh mereka yang sensitif untuk merasakan bahkan perubahan hormonal terkecil.


Tanda awal kehamilan ini bisa terjadi hingga seminggu sebelum ada cukup hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh untuk memberikan hasil tes kehamilan positif.

1.             Rasa enggan terhadap bau yang sebenarnya umum
Tidak menyukai bau yang kuat bisa menjadi salah satu tanda-tanda awal kehamilan, dan biasanya pertama kali diketahui ketika di dapur. Wanita yang mengalami gejala ini seringkali melaporkan bahwa aroma makanan dan minuman yang biasanya tidak pernah mengganggu mereka sebelumnya, namun tiba-tiba membuat mereka menyingkir dari ruangan. Gal ini bisa membuat wanita frustasi, karena tiba – tiba merasakan jijik pada makanan yang biasanya mereka nikmati. Banyak yang percaya bahwa hal ini adalah akibat dari meningkatnya tingkat progesteron yang terjadi di awal kehamilan. Beberapa wanita sangat sangat sensitif terhadap bau pada awal kehamilannya, bahkan takut memutar keran hanya gara-gara tak tahan dengan bau kaporit.

2.             Merasakan kram perut
Beberapa wanita bisa mengalami kram di awal kehamilannya. Hal ini biasanya disebabkan oleh sel telur, atau embrio yang telah dibuahi mengimplan ke dinding rahim. Implantasi ini terjadi 8 – 10 hari setelah ovulasi, yaitu 4 sampai 6 hari sebelum haid yang biasanya akan terjadi. Karena kram terjadi tepat pada waktu menstruasi akan dimulai, akibatnya banyak wanita hamil salah mengidentifikasi kram awal kehamilan kram dengan kram yang biasanya terjadi tepat sebelum mens tiba. Beberapa wanita bahkan menunda tes kehamilan setelah merasa terlambat menstruasi karena kram tersebut.

3.             Merasakan mual atau morniong sickness
Mual dapat indikator umum awal kehamilan. Kebanyakan wanita yang hamil tidak mengeluhkan morning sickness sampai minggu ke – 6 kehamilan, 2 minggu setelah tidak mendapatkan bulanan. Tapi untuk beberapa wanita, perasaan mual ini bisa dirasakan satu minggu setelah pembuahan, atau seminggu penuh sebelum tiba periode haid. Perubahan hormon adalah alasan yang menjelaskan timbulnya rasa mual. Mual bisa terjadi dengan atau tanpa muntah, dan bisa datang sepanjang hari – dan rasa mual pada kebanyakan wanita akan mereda pada trimester kedua atau sekitar minggu ke – 14 kehamilan. Untuk beberapa wanita, gejala morning sickness bisa berlangsung sampai melahirkan. Meskipun tidak ada bukti untuk membuktikan teori ini, namun beberapa dokter mengatakan bahwa mual ini sebenarnya hal yang baik, karena menunjukkan bahwa hormon yang diperlukan untuk mempertahankan kehamilan sangat kuat. Namun yang lain mengatakan hal ini tidak ada kaitannya, dan beberapa wanita hanya lebih sensitif terhadap hormon kehamilan daripada yang lain.

4.             Mengalami sering buang air kecil
Karena pertumbuhan janin akan menekan kandung kemih, maka kebutuhan buang air kecil akan meningkat. Tapi perubahan hormon pada awal kehamilan juga meningkatkan kecepatan aliran darah ke ginjal. Dan pada saat ini terjadi, maka kandung kemih terisi lebih cepat,sehingga meningkatkan frekwensi buang air kecil. Bagi beberapa wanita, ini adalah tanda nyata awal kehamilan, bahkan sebelum dinyatakan terlambat haid. Sering buang air kecil ini akan terus berlangsung sampai melahirkan, dan akan mengintensifkan hormon yang lebih kuat dan bayi akan tumbuh menjadi lebih besar.


5.             Tiba – tiba merasa kelelahan
Kelelahan adalah tanda awal kehamilan lain yang datang agak tiba – tiba. Suatu hari seorang wanita akan bangun dengan normal tanpa hambatan, namun hari berikutnya dia merasa tidak memiliki kekuatan sama sekali untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari. Hal ini diyakini karena ada peningkatan hormon progesteron. Kebanyakan wanita menggambarkan kelelahan pada awal kehamilan ini memang benar – benar melelahkan. Karena bisa terjadi sebelum haid, akibatnya banyak wanita yang keliru dengan gejala flu atau penyakit lain, namun kemudian mulai menyadari bahwa kehamilan adalah penyebabnya.

6.             Payudara terasa lebih lembut
Pada awal kehamilan saat progesteron terus meningkat, payudara bisa menjadi lembut. Bahkan banyak wanita mengalami sakit dada sebelum datang masa menstruasi. Tapi untuk beberapa wanita, kelembutan  payudara awal kehamilan jauh lebih parah. Beberapa wanita melaporkan dirinya bahkan tidak mampu terkena aliran air di kamar mandi karena sangat sensitifnya. Sebagian besar wanita akan terus merasakan ini selama kehamilan, namun sebagian yang lain akan menurun secara signifikan setelah mencapai trimester kedua.

7.             Warna Areola berubah menjadi lebih gelap
Areola adalah daerah di sekitar puting, akan menjadi gelap selama masa kehamilan. Hal ini disebabkan oleh adanya hormon HCG kehamilan. Beberapa ahli meyakini bahwa areola gelap adalah cara alami tubuh untuk membantu bayi bisa menemukan puting untuk menyusu ibunya. Areola bisa menjadi sedikit lebih gelap pada awal kehamilan, bahkan sebelum bisa dikatakan terlambat haid. Saat kehamilan berlanjut, maka intensitas warna gelap akan terus meningkat. Selain berubah menjadi gelap, areola juga akan membesar. Namun dalam kebanyakan kasus, areola akan kembali ke bentuk dan ukuran normal setelah masa kehamilan.

8.             Suhu tubuh mengalami sedikit peningkatan
Segera setelah sel telur dibuahi, suhu tubuh basal wanita akan sedikit meningkat. Jika telur tidak dibuahi, maka suhu akan kembali normal setelah 2 minggu. Ketika suhu masih tetap tinggi, maka ada kesempatan baik bahwa kehamilan sudah terjadi. Kenaikan suhu ini sangat sedikit, sehingga kebanyakan wanita tidak akan menyadarinya kecuali  telah mencatat suhu tubuh basal mereka untuk melacak kesuburan. Suhu tubuh yang lebih tinggi yang terus berlangsung hingga 2 hari sebelum datang bulan kemungkinan terjadi hamil.

9.             Tanda bercak
Beberapa hari sebelum datang masa haid, banyak wanita yang mengalami bercak. Jika tidak ada tanda kehamilan lainnya yang terlihat, maka wanita mungkin hanya berpikir bulanan mereka dimulai lebih awal. Tanda bercak ini diyakini hasil dari telur yang dibuahi dan menanamkan diri ke dalam rahim. Warna bercak bisa merah muda atau warna coklat dan umumnya berlangsung hingga 3 hari. Hal ini bisa terjadi bersamaan dengan gejala kram perut,  tanda dari implantasi.

10.         Rasa logam di mulut
Beberapa wanita mengalami rasa seperti logam di mulut sebagat tanda awal kehamilan. Hal ini sering terjadi bersamaan dengan tidak menyukai bau tertentu. Penyebabnya masih tidak diketahui, meskipun sebagian ahli menyalahkan ini akibat pergeseran hormon. Wanita yang mengalami gejala kehamilan ini seringkali juga mengeluhkan  rasa logam di mulut mereka sepanjang hari. Banyak yang menggambarkannya seperti mencicipi atau mengisap uang logam. Beberapa wanita melapor kan gejala ini menghilang setelah trimester pertama, sementara yang lain  merasakan selama kehamilan 9 bulan.


Itulah tanda awal kehamilan sebelum tiba haid berikutnya. semoga anda dapat merasakan dan bertindak dengan benar saat awal kehamilan anda.


Sumber : www.manfaat-kesehatan.com

COMMENTS

Name

#BikaBogor #BikaBogorTalubi #kulinerbogor #oleholehBogor #Oleholehkhasbogor Alpukat Apel Asa's Stories Asam Urat Asma Batuk Bayi Berita Bisul Blogging & Writing BPJS buku Cara Cepat Hamil Cinta's Stories Community competition Daun Demam Diabetes Diet Event Family Journal Family Trip Flu Gigi Ginjal Golongan Darah Health Hipertensi Ibu Hami Ibu Hamil Imun Jantung Sehat Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Jerawat Kanker Kebidanan Kecantikan Kehamilan Keluarga Keputihan Kesehatan kesehatan Bayi Kesehatan Gigi Kesehatan Kulit Kisah Kolesterol Kontrasepsi Kulit Life Liver Madu Masakan Mata Mengobati Migrain Mom Journal Nanas Nutrisi Nutrisi Untuk Bangsa Nyeri Obat Office Story on Media Otak Pasca Melahirkan Pencernaan Pisang Radang Rambut Relationship Rematik Resep Reumatik Review Seksualitas Semangka Sponsored Post Stamina Tips Tought Tulang Vitamin Wajah Wanita We Care wisata
false
ltr
item
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita: Tanda Awal Kehamilan Sebelum Tiba Haid Berikutnya
Tanda Awal Kehamilan Sebelum Tiba Haid Berikutnya
Tanda awal kehamilan ini bisa terjadi hingga seminggu sebelum ada cukup hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh untuk memberikan hasil tes kehamilan positif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZYaxtzor-5h4lbJwrhnShFuyFw7yKu-bnzt24LDVBcJSVbYzNhbGidbNgHKdwkoK8dIFwllRrUlu7f-5iMFCalnKvvvGfSptHMzCfmv7cNWK9BTKS8UXJCtoT29hyDbaWJ31PtPa4bXzG/s640/Tanda+Awal+Kehamilan+Sebelum+Tiba+Haid+Berikutnya.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZYaxtzor-5h4lbJwrhnShFuyFw7yKu-bnzt24LDVBcJSVbYzNhbGidbNgHKdwkoK8dIFwllRrUlu7f-5iMFCalnKvvvGfSptHMzCfmv7cNWK9BTKS8UXJCtoT29hyDbaWJ31PtPa4bXzG/s72-c/Tanda+Awal+Kehamilan+Sebelum+Tiba+Haid+Berikutnya.jpg
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita
https://bumil-balita.blogspot.com/2015/11/tanda-awal-kehamilan-sebelum-tiba-haid.html
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/2015/11/tanda-awal-kehamilan-sebelum-tiba-haid.html
true
8741920363903863250
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy