5 Cara Tradisional Mengatasi Sariawan Pada Bayi

5 Cara Tradisional Mengatasi Sariawan Pada Bayi

loading...
Sariawan (stomatitis aphtosa) merupakan salah satu masalah kesehatan yang ditandai dengan adanya permukaan cekung putih kekuning – kuningan dan menimbulkan rasa perih di rongga mulut. Sariawan bisa menyerang siapa saja, termasuk pada bayi Anda. Terlebih pada bayi, sariawan bisa menyebabkan masalah baru. Karena terserang sariawan, bayi Anda mungkin saja akan menolak saat diberi makan atau disusui. Untuk itu, sebagai ibu Anda harus ekstra teliti.
5 Cara Tradisional Mengatasi Sariawan Pada Bayi
Perhatikan rongga mulut bayi Anda jika ia sudah mulai menolak saat akan disusui. Jika terdapat tanda – tanda di atas, lakukan segera penanganan untuk mengatasi sariawan pada bayi Anda agar masalah tidak menjadi berlarut – larut.

Mengatasi Sariawan Pada Bayi
Penanganan sariawan pada bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan seperti halnya pada orang dewasa. Anda tidak boleh memberinya obat secara asal – asalan tanpa resep dokter, terlebih jika usia si bayi masih < 1 tahun. Sebelum melakukan tindakan pengobatan, sebaiknya Anda juga meneliti terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab timbulnya sariawan pada bayi Anda.

Penyebab Sariawan Pada Bayi
Secara umum, sariawan pada bayi biasanya disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Jamur ini seringkali terdapat di puting susu ibu yang selalu lembab. Ia masuk ke rongga mulut bayi saat proses menyusui dan menginfeksi lidah, bibir, atau pipi bagian dalam. Selain itu, sariawan pada bayi juga dapat disebabkan oleh rendahnya kekebalan tubuh bayi, panas dalam, atau karena kurangnya asupan vitamin C yang diperoleh dari ASI ibunya.


Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi
Setelah mengetahui penyebabnya, barulah Anda bisa menentukan teknik pengobatan sariawan yang paling efektif untuk bayi Anda. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut Anda paling tepat sesuai dengan penyebabnya.

1.        Memperhatikan Konsumsi Ibu Menyusui
Jika sariawan pada bayi disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang kaya Vitamin C, maka sebagai ibu menyusui, mulailah untuk mengkonsumsi buah dan sayuran sekarang juga. Jika perlu, konsumsi pula minuman prebiotik seperti yogurt atau suplemen khusus dengan resep dokter. Semua kandungan gizi terdapat dalam makanan yang dikonsumsi ibu menyusui ini secara tidak langsung akan mengalir pula melalui ASI. Jika ASI yang kaya kandungan gizi ini dikonsumsi bayi, lambat laun tubuh bayi pun akan semakin kuat melawan infeksi jamur Candida si penyebab sariawan, sehingga sariawan si bayi pun bisa berangsur sembuh.

2.        Gunakan Minyak Kelapa
Untuk mengatasi sariawan pada bayi, Anda juga dapat memanfaatkan keampuhan minyak kelapa dalam mencegah pertumbuhan jamur Candida. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada puting susu Anda beberapa saat sebelum menyusui. Jika cukup sulit menemukan minyak kelapa, Anda bisa menggantinya dengan cuka apel, karena cuka apel juga bersifat antifungi.

3.        Sinar Matahari Pagi
Jamur Candida si penyebab sariawan sangat rentan mati oleh sinar matahari pagi. Oleh karena itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi sariawan pada bayi Anda. Caranya, jemurlah bayi Anda beberapa menit di bawah matahari pagi. Biarkan rongga mulutnya terbuka agar sinar matahari pagi bisa masuk dan memapar sariawannya. Perlu diketahui bahwa selain dapat berguna untuk mengatasi sariawan, menjemur bayi di pagi hari juga baik untuk membantu kesehatan dan pertumbuhan tulang dan kulit bayi.

4.        Pisang Dan Madu
Untuk mengatasi sariawan pada bayi, Anda juga dapat menggunakan ramuan tradisional yang ampuh dan tentunya aman karena terbuat dari bahan alami. Ramuan tersebut dibuat dari pisang ambon dan madu. Cara membuatnya yaitu dengan melumatkan pisang matang dan mencampurkannya dengan madu sehingga bertekstur seperti pasta. Oleskan pasta tersebut tepat di sekitar bagian yang terserang sariawan. Ulangi pemberian pasta ini 2 kali sehari hingga sariawan si bayi mulai mengering.

5.        Air Kelapa
Jika sariawan terjadi pada bayi yang usianya di atas 6 bulan, Anda juga dapat mencoba memanfaatkan khasiat air kelapa. Air kelapa sudah dikenal sebagai obat mujarab untuk panas dalam dan sariawan. Minumkan beberapa sendok air kelapa untuk membantu mengatasi sariawan pada bayi Anda.


Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi yang bisa Anda terapkan. Cara – cara di atas aman dan sama sekali tidak menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menerapkannya. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.ibu-hamil.web.id

COMMENTS

Name

#BikaBogor #BikaBogorTalubi #kulinerbogor #oleholehBogor #Oleholehkhasbogor Alpukat Apel Asa's Stories Asam Urat Asma Batuk Bayi Berita Bisul Blogging & Writing BPJS buku Cara Cepat Hamil Cinta's Stories Community competition Daun Demam Diabetes Diet Event Family Journal Family Trip Flu Gigi Ginjal Golongan Darah Health Hipertensi Ibu Hami Ibu Hamil Imun Jantung Sehat Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Jerawat Kanker Kebidanan Kecantikan Kehamilan Keluarga Keputihan Kesehatan kesehatan Bayi Kesehatan Gigi Kesehatan Kulit Kisah Kolesterol Kontrasepsi Kulit Life Liver Madu Masakan Mata Mengobati Migrain Mom Journal Nanas Nutrisi Nutrisi Untuk Bangsa Nyeri Obat Office Story on Media Otak Pasca Melahirkan Pencernaan Pisang Radang Rambut Relationship Rematik Resep Reumatik Review Seksualitas Semangka Sponsored Post Stamina Tips Tought Tulang Vitamin Wajah Wanita We Care wisata
false
ltr
item
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita: 5 Cara Tradisional Mengatasi Sariawan Pada Bayi
5 Cara Tradisional Mengatasi Sariawan Pada Bayi
5 Cara Tradisional Mengatasi Sariawan Pada Bayi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeR4jo3RAI7mWcYXsT90ccgmvq_fMxOUVfJCcE4zs4PwoQfL5Wh9jCDvocQv8quEP61ZpftqdGVpcnFUSPRLPKu46oQUyD56KemHibJhs9cgEGAVyZg111zIreb9qtjlmyQP9U6G9UpAhQ/s640/5+Cara+Tradisional+Mengatasi+Sariawan+Pada+Bayi.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeR4jo3RAI7mWcYXsT90ccgmvq_fMxOUVfJCcE4zs4PwoQfL5Wh9jCDvocQv8quEP61ZpftqdGVpcnFUSPRLPKu46oQUyD56KemHibJhs9cgEGAVyZg111zIreb9qtjlmyQP9U6G9UpAhQ/s72-c/5+Cara+Tradisional+Mengatasi+Sariawan+Pada+Bayi.JPG
Kesehatan Ibu Hamil Dan Balita
https://bumil-balita.blogspot.com/2015/11/Cara-Tradisional-Mengatasi-Sariawan-Pada-Bayi.html
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/
https://bumil-balita.blogspot.com/2015/11/Cara-Tradisional-Mengatasi-Sariawan-Pada-Bayi.html
true
8741920363903863250
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy